Surabaya – Kasus COVID – 19 Tak kunjung Turun, Polrestabes Surabaya bersama rekan gabungan 3 pilar laksanakan Operasi Yustitusi Penegakkan Protokol Kesehatan. (Jum’at, 18/09/2020)

Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Johnny Eddizon Isir, S.I.K., M.T.C.P. mengatakan bahwa hari ini telah dilaksanakan di 5 titik lokasi penindakan hukum diantaranya Depan Cito (Gayungan), MERR (Rungkut) arah dari Sidoarjo, Benowo arah dari Rungkut, Depan KBS dan di Depan Tugu Pahlawan.

“Saat ini kita menggelar di 5 titik tempat ada tiga titik pintu masuk yang ke arah Surabaya dan dua titik yang ada di wilayah kota tujuannya, biar masyarakat terbangun kesadarannya terkait dengan protokol kesehatan khususnya penggunaan masker secara konsisten.” Jelas Kombes Pol Johnny Eddizon Isir.

Menurutnnya penegakan kedisiplinan terhadap protokol kesehatan ini dilakukan dengan harapan angka masyarakat yang terpapar covid-19 di Kota Surabaya semakin berkurang dan terkendali.

“Kita juga ingin tingkat kesembuhan semakin meningkat, tujuannya pandemi covid-19 yang ada Kota Surabaya bisa terkendali dan roda perekonomian tetap berputar sehingga ada keseimbangan sesuai dengan aktivitas masyarakat.” Lanjut Kapolrestabes Surabaya.

Untuk sementara waktu sanksi yang diterapkan saat ini adalah pengambilan identitas pelanggar yang berupa KTP dan disuruh Push Up, kemudian Kapolrestabes Surabaya mengatakan akan berkoordinasi dengan Pengadilan Surabaya terkait denda yang akan diberikan.

Berdasarkan Pergub No. 02 tahun 2020 pasal 49 ayat (06) huruf (a) tentang perubahan atas peraturan daerah Provinsi Jawa Timur No. 01 tahun 2019 tentang penyelenggaraan ketentraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat, pelanggar akan dikenakan denda minimal Rp.250.000 maksimal Rp. 500.000.

Kasat Sabhara Polrestabes Surabaya, AKBP Herman Priyanto, S.I.K. Juga menegaskan agar anggotanya tetap humanis dalam melaksanakan penegakkan hukum, “Yang berwenang melaksanakan penindakan adalah dari rekan – rekan Pol PP, Polri mengawal jalannya operasi, dan menindak lanjuti apabila ada pelanggaran yang menjadi ranah Kepolisian” Ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here