Polrestabes Surabaya – Rutinitas Pengaturan arus lalu lintas, tetap dilaksanakan oleh personel Unit Satu Turjawali Satlantas Polrestabes Surabaya. Lokasi simpang Tembaan – Bubutan Surabaya. Selasa (09/02/2021).

Sementara, paya mengatasi pandemi Covid-19 di Kota Pahlawan tetap masif dilaksanakan. Sosialisasi dan operasi yustisi Prokes cegah pandemi, PPKM, dan Penerapan Kawasan Physical Distancing di Wilayah Hukum Polrestabes Surabaya.

Kawasan Physical Distancing diterapkan di tiga titik. Diantaranya sepanjang Tunjungan, Darmo setiap hari kerja mulai 22.00 WIB hingga 08.00 WIB. Sedangkan akhir pekan (Jumat dan Sabtu) ditambah satu titik di Mayjend Sungkono.

Kegiatan tersebut dilaksanakan Satlantas Polrestabes Surabaya, dibawah kendali AKBP. Teddy Chandra, S.I.K., M.Si., dalam upaya memutus mata rantai dan cegah Covid-19.

“Tugas pokok Satlantas adalah menjamin Kamseltibcar Lantas. Tetapi dalam masa pandemi, kami tetap berupaya semaksimal mungkin berperan aktif cegah penyebarannya”, papar AKBP. Teddy Chandra, S.I.K, M.Si. ditempat terpisah.

Keberadaan personel Satlantas dilapangan masih merupakan solusi yang efektif pada saat ini. Selain menjalankan tugas menjamin stabilitas Kamseltibcar Lantas.  Antisipasi kemacetan sedini mungkin dan meminimalisir fatalitas serta angka kecelakaan lalu lintas. Dilain sisi sebagai upaya antisipasi Kejahatan Jalanan di wilayah hukum Polrestabes Surabaya. Serta semaksimal mungkin turut aktif cegah penyebaran Covid-19, tambah Kasatlantas AKBP. Teddy Chandra, S.I.K, M.Si.

Dalam menjalankan tugasnya, Satlantas menjalin kerjasama dengan Dishub Kota Surabaya. Menempatkan personel di ATCS (Area Traffic Control System) Room Dishub. Bertugas menginformasikan perkembangan situasi dari pantauan layar monitor kepada petugas di lapangan. Dengan harapan kendala di lapangan dapat diantisipasi lebih dini, jelas AKBP. Teddy Chandra, S.I.K., M.Si.

Sementara itu, personel dilapangan aktif melaksanakan kegiatan preemtif, preventif dan represif. Mengedepankan Patroli secara rutin di jalur Black Spot (rawan laka). Kegiatan tersebut sebagai upaya menekan angka dan meminimalisir fatalitas laka lantas.

Diimbangi kegiatan sosialisasi tertib berlalu lintas dan protokol kesehatan cegah Covid-19. Penegakkan hukum terhadap pelanggar lalu lintas tetap dilaksanakan, sedangkan untuk pelanggar protokol kesehatan cegah Covid-19, penindakan dengan teguran, sosialisasi dan pembagian masker.

Diharapkan kegiatan tersebut, menumbuhkan kesadaran masyarakat Surabaya, dan tercapainya Kamseltibcar Lantas serta kondusifitas Kamtibmas di wilayah hukum Polrestabes Surabaya, tambah AKBP. Teddy Chandra, S.I.K., M.Si.

Kasatlantas selalu memberikan motivasi positif kepada anggota yang bertugas di lapangan. Kegiatan jajaran Satlantas Polrestabes Surabaya tidak lepas dari semangat “CAK TEJO” (Cakap Tertib Jogo Suroboyo). Program yang diprakarsai dan digelorakan oleh Kasatlantas AKBP. Teddy Chandra, S.I.K., M.Si. Pelaksanaan tugas di lapangan tetap menerapkan protokol kesehatan cegah Covid-19 dan menggunakan Standar Operasional Prosedur (SOP). Tegas namun tetap Humanis, tutup Kasatlantas Polrestabes Surabaya. [tfn.wtksk.94/95]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here