Singkawang Berita Polisi Komunitas Truck Mania West Borneo (TMWB) Kalimantan Barat maupun TMWB Singkawang mengharapkan pemerintah memperhatikan kesejahteraan para pengguna jalan antara lain pengemudi truck .

Yang antara lain dengan memperbaiki jalan yang rusak parah di sepanjang jalan Singkawang-Bengkayang.

Penegasan itu disampaikan Ketua Umum TMWB Kalbar Sutopo Ariyanto didampingi Ketua TMWB Singkawang Jon Page ketika dihubungi sejumlah wartawan di kantornya di Singkawang Kamis malam (26/11/20).

Sutopo mengungkapkan keadaan jalan yang sudah rusak parah ini sudah terjadi beberapa tahun. “Jalan berlobang dan berkubang diperkirakan sepanjang 10 Km”, papar Sutopo.

Akibat jalan yang rusak ini, tambah Sutopo hampir setiap hari terjadi kecelakaan baik bagi pengemudi kendaraan roda empat maupun kendaraan roda dua yang melewati jalan Singkawang menuju Bengkayang tersebut.

Sebagai rasa tanggungjawab TMWB yang memiliki anggota 15 ribu orang ini , kata Sutopo, sudah melaksanakan gerakan sosial antara lain menimbun jalan berlubang itu dengan batu.

Semua matrial batu tersebut, kata Sutopo, dibeli dari uang pribadi. “Karena TMWB tidak dibenarkan meminta bantuan kepihak ketiga, namun itu sifatnya sementara, karena untuk keseluruhan memerlukan dana yang tidak sedikit”, ujar Sutopo.

Sementara itu Ketua TMWB Singkawang Jon Page mengharapkan apakah pemprov atau pemkab segera turun tangan memperbaiki jalan yang rusak ini. “Karena sudah banyak berjatuhan korban”, ujar Jon.

Jon menambahkan, belum lama ini ada 60 anggotanya membantu menimbun jalan berlubang dengan batu. “Kami bekerja pada hari minggu saja, hari lain kami bekerja”, ujar Jon.

Jon yang memiliki 100 anggota TMWB itu mengungkapkan baru baru ini ada truck pengangkut sembako terbalik saat melewati jalan yang rusak tersebut.

Komunitas TMWB menurut Sutopo ada cabangnya di seluruh Indonesia dengan nama Forum Pengemudi Indonesia (FPI). “Juga ada di Malaysia dan Australia”, ujarnya.sbr

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here