Keselamatan Lalulintas, Polres Metro Tangerang Kota Imbau Masyarakat Tidak Takbir Keliling Malam Idulfitri

TANGERANG — Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Pol Zain Dwi Nugroho melalui keterangan pers menyampaikan imbauan kepada masyarakat di wilayah hukum Polres Metro Tangerang Kota, Polda Metro Jaya untuk tidak melakukan takbir keliling pada malam Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah tahun 2024 Masehi.

MenurutZain,alasanpihakkepolisianmelarangmasyarakatmenggelartakbirankelilingterlebih menggunakan mobil pickup atau truk atau konvoi sepeda motor dikhawatirkan aktivitas tersebut dapat memicu kecelakaan dan khawatir terjadi gesekan (tawuran,red) antar kelompok.

“Lebih baik dan lebih khusyu melakukan takbir di masjid- masjid maupun mushola-mushola, atau di lingkungan rumah masing-masing. Utamakan keselamatan dan kebahagian menyambut hari kemenangan Idul [tri 1445 hijriah,” kata Kapolres. Jum’at (5/4/2024).

“Intinya, Tidak boleh takbiran berkeliling, baik keliling kota maupun jalan raya dengan kendaraan bak terbuka maupun konvoi motor,” lanjut dia.

Menurut Zain, kegiatan takbir keliling itu selain dapat menimbulkan resiko kecelakaan. Konvoi menggunakan mobil bak terbuka atau pickup maupun konvoi sepeda motor akan mengganggu arus lalulintas yang masih dipadati aktivitas masyarakat lain, termasuk rawan gesekan dijalan raya.

“Pertama dapat mengganggu arus lalulintas, menimbulkan macet. Kedua berpotensi menimbulkan kecelakaan, baik dengan kendaraan lain, penggunaan bak terbuka rentan terjatuh,” jelasnya.

 

Untuk diketahui, pada pengamanan lebaran idul[tri 1445 hijriah tahun ini Polres Metro Tangerang Kota, mengerahkan 1.416 personel terdiri dari personil Polri, TNI,

Satpol PP, Dishub, BPBD, Dinas Kesehatan, PMI, Pramuka serta jajaran samping Pokdarkamtimnas dan Senkom.

Selanjutnya, untuk menjamin keamanan dan kenyamanan pemudik melintas di wilayah Tangerang, Polres Metro Tangerang Kota bersama Pemkot telah mendirikan sebanyak 8 Pos, yakni 5 Pos Pengamanan (Pospam) dan 3 Pos Pelayanan (Posyan).

5 Pospam itu berada di Jalan Kisamaun, Jalan Jendral Sudirman, TangCity Mall, Jalan HOS Cokroaminoto, CBD Ciledug, Perumahan Magnolia Residences, Jatake dan Jalan Laksamana Yos Sudarso PIK 2 Aloha.

Lalu, 3 Posyan ada di Terminal Poris Plawad, Rest Area KM 14 Arah Tangerang Jakarta dan Rest Area KM 13,5 Pinang Arah Jakarta – Merak.

Untuk kegiatan Operasi Ketupat 2024 tahun ini akan dilaksanakan selama 13 hari kedepan mulai tanggal 4 April sampai dengan 16 April mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here