Beritapolisi.com – Polresta Tangerang Polda Banten menginisiasi pendirian Posko Patuh Protokol Kesehatan (Prokes) di beberapa titik di daerah hukum Polresta Tangerang. Posko Patuh Prokes didirikan untuk mendorong masyarakat semakin disiplin melaksanakan protokol kesehatan.

“Pendirian Posko Patuh Prokes sebagai bentuk antisipasi lonjakan kasus positif Covid-19,” kata Kapolresta Tangerang Kombes Pol Zain Dwi Nugroho saat meninjau Posko Patuh Prokes di Pasar Sentiong, Kecamatan Balaraja, Kabupaten Tangerang, Selasa (8/2/2022).

Zain menerangkan, Posko Patuh Prokes juga didirikan sebagai bentuk antisipasi penyebaran varian baru dari Covid-19 yakni varian Omicron. Selain itu, didirikannya posko juga sebagai respon lonjakan kasus positif Covid-19 di wilayah Kabupaten Tangerang.

“Personel yang ditugaskan di Posko Patuh Prokes terdiri dari unsur TNI, Polri, petugas medis, dan elemen masyarakat,” ucapnya.

Selain itu, di Posko Patuh Prokes juga disediakan layanan vaksinasi tahap pertama, tahap kedua, ataupun tahap ketiga atau booster. Masyarakat dapat mengakses layanan vaksinasi di Posko Patuh Prokes.

Kata Zain, tugas personel yang ditempatkan di Posko Patuh Prokes adalah memastikan protokol kesehatan dilaksanakan oleh masyarakat. Petugas, ujar Zain, akan memberikan edukasi dan imbauan kepada masyarakat untuk selalu disiplin melaksanakan protokol kesehatan 5M yaitu menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

“Di Posko Patuh Prokes juga menyediakan masker yang akan dibagikan ke masyarakat,” tuturnya.

Zain juga menjelaskan, Posko Patuh Prokes didirikan di beberapa titik yang utamanya menyasar titik-titik keramaian seperti pasar, terminal, pusat perbelanjaan modern, dan lainnya. Diharapkan, dengan adanya Posko Patuh Prokes, masyarakat terdorong untuk disiplin melaksanakan protokol kesehatan sehingga dapat menekan angka positif Covid-19.

“Keberadaan Posko ini prinsipnya mendorong masyarakat untuk turut menjadi Satgas Patuh Prokes untuk diri sendiri dan lingkungannya,” tandasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here