Satlantas Jajaran Polda Jatim Studi Banding Aplikasi T.A.C.S di Polres Bojonegoro

0
109

Bojonegoro – Aplikasi inovatif pelayanan publik T.A.C.S (Traffic Accident Claim System) yang berbasis web milik Sat Lantas Polres Bojonegoro menjadi perhatian sejumlah Polres di Jajaran Kepolisian Daerah Jawa Timur (Polda Jatim).

Pada Rabu (14/03) siang, Kanit Laka jajaran Polrestabes/ Polresta/ Polres Satlantas Jajaran Polda Jatim, melakukan studi banding penanganan korban laka melalui Aplikasi T.A.C.S yang dilaksanakan di Aula Parama Satwika Polres Bojonegoro.

Selain Kanit Laka, kegiatan studi banding juga dihadiri oleh Kasat Lantas Polres Trenggalek, Direktur RSUD Sosodoro Djatikoesoemo, Perwakilan Kepala Jasa Raharja Bojonegoro, Perwira Lantas Polres Bojonegoro, Bamin dan Brigadir Satlantas Polres jajaran serta Tim IT aplikasi T.A.C.S.

Pada kegiatan tersebut, Kasat Lantas Polres Bojonegoro, AKP Aristianto Budi Sutrisno, S.H., S.I.K., M.H., menyampaikan bahwa, diciptakan inovasi itu untuk memberikan pelayanan pada masyarakat, khususnya dalam penanganan terhadap korban kecelakaan. Pada saat yang sama, Kasat Lantas juga memaparkan tentang gambaran umum, kondisi awal, keunggulan aplikasi serta mekanisme dan alur penanganan korban kecelakaan melalui aplikasi inovatif T.A.C.S.

Sementara itu, Direktur RSUD Sosodoro Djatikoesoemo Bojonegoro Dr. Hariono yang juga turut hadir menyampaikan kembali apresiasi tentang terobosan kreatif aplikasi T.A.C.S itu, karena system pelayanan yang tadinya butuh proses panjang menjadi lebih ringkas sehingga pelayanan dari pihak rumah sakit pun bisa lebih maksimal.

Menurut Dr. Hariono, memang masih perlu sosialisasi kepada masyarakat tentang aplikasi ini, namun masyarakat yang sudah terlayani mengaku sangat puas dan terbantu atas system yang baru diterapkan ini.

“Semenjak diterapkan pada tanggal 11 Januari 2018, pihak rumah sakit tercapai “ZERO COMPLAIN” khususnya dalam penanganan dan perawatan terhadap korban kecelakaan,” tutur Dr. Hariono.

Setelah sambutan dari Kasat Lantas Polres Bojonegoro dan sambutan Direktur RSUD Sosodoro Djatikoesoemo Bojonegoro, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan oleh tim IT tentang mekanisme, perbandingan dan kendala apabila rencana kedepan diterapkan sektoral maupun sentral server, sehingga peserta studi banding mendapatkan gambaran tentang rencana implementasi T.A.C.S di wilayah masing-masing. Bahkan menjelang penghujung kegiatan juga dilaksanakan simulasi dan trial aplikasi oleh peserta studi banding dengan dipandu tim IT dan anggota Laka Lantas Polres Bojonegoro.

Seusai acara, Kasat Lantas Polres Bojonegoro, AKP Aristianto Budi Sutrisno, saat kami temui menyampaikan bahwa, tujuan dari pelaksanaan kegiatan studi banding adalah untuk implementasi secara serentak di Polres jajaran serta mewujudkan program Prormoter Kapolri tentang peningkatan pelayanan publik khususnya di wilayah Polda Jatim.

“Rencananya akan diimplementasikan di seluruh Polres Jajaran Polda Jatim mas,” kata Kasat Lantas Polres Bojonegoro AKP Aristianto, saat keluar meninggalkan Aula Parama Satwika.(humasbjn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here