Polres Jember News – Dalam rangka kondusifitas kamtibmas Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo, SH, SIK, MH., melaksanakan program “POS KHIDMAT” (polisi khutbah sholat jumat). Kapolres dan seluruh anggota yg dibekali kemampuan berkhutbah menjadi khotib di masjid kecamatan dan desa.

Dalam kesempatan ini dalam Khutbah Jumat, selain berisi materi keislaman juga berisi materi tentang kondusifitas kamtibmas yang ada di wilayah Hukum Polres Jember yang diselaraskan dengan ajaran-ajaran Islam. Bahwa menjaga kamtibmas merupakan bagian dari ajaran agama. Masyarakat yang aman dan tertib berarti masyarakat yang religius karena agama mengajarkan keamanan dan ketertiban.

Anggota Pos Khidmat harus bisa melaksanakan khutbah Jumat dengan baik sekaligus memberikan pembinaan kamtibmas melalui khutbah tersebut. Khotbah Jumat merupakan wahana yang baik dan tepat untuk memberikan penyuluhan dan informasi kamtibmas melalui pesan-pesan agama karena jamaah siap mendengarkan khutbah.

Masyarakat diajak untuk menjalankan perintah agama dan menjaga kamtibmas sekaligus. Bahwa melalui program ini diharapkan mampu menjalin kedekatan dan kerjasama antara anggota Polres Jember dengan masyarakat dan para alim ulama serta tokoh keagamaan secara umum sehingga secara langsung maupun tidak langsung tercipta keharmonisan masyarakat di Kabupaten Jember. Alim ulama dan tokoh keagamaan menjadi pilar dalam rangka menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat dan menjadi mitra kepolisian yang sangat penting mengingat masyarakat Kabupaten Jember mayoritas muslim.#humaspolresjember