Polwan Gorontalo Dikirim ke Sudan

0
525

Satuan Brimobda Polda Gorontalo kembali mengharumkan nama institusi Tribrata di daerah serambi madina ini. Menyusul pengiriman Polisi Wanita (Polwan) Gorontalo ke Sudan untuk menjalankan misi perdamaian Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Adalah Brigadir Diana Hulong Brigadir Diana Hulong, tercatat sebagai anggota Intel Satuan Brimob Polda Gorontalo itu masuk dalam Formed Police Unit (FPU) Indonesia untuk misi (Multi-Dimensional Integrated Stabilization Mission in Central African Republic/MINUSCA).

Mereka di bawah misi gabungan Uni Afrika-PBB di Darfur (AU-UN Hybrid Mission In Darfur/UNAMID). Brigadir Diana Hulong merupakan personel terbaik untuk terlibat dalam misi perdamaian tersebut.

Kurang lebih selama satu tahun telah dilaksanakan Pra Ops mulai tanggal 11 Maret 2018 hingga pemberangkatan kontingen FPU I MINUSCA pada tanggal 14 Februari 2019 dilepas oleh Bapak Kapolri Jenderal Polisi Drs. H. M. Tito Karnavian, M.A., Ph.D dan Menteri Luar Negri Retno Marsudi bertempat di rupatama Mabes Polri.

Kontingen ini adalah pertama kalinya Indonesia mengirimkan pasukan untuk melaksanakan tugas di tempat yang masih merupakan Zona merah atau sering terjadi konflik di wilayah Afrika Tengah. Kontingen ini akan bertugas selama 1 Tahun di Afrika Tengah dibawah naungan Perserikatan bangsa-bangsa (PBB).

Brigadir Diana sendiri tergabung dalam Liaison Officer yang sebelumnya tergabung dalam peleton Alpha sebagai Tactical Troops kemudian tergabung dengan Peleton Swat untuk dilatih sebagai penyetaraan gender sebanyak 4 orang polwan.

Kemudian dikarenakan kebutuhan kontingen sekarang dipercayakan pimpinan dengan jabatan sebagai Liaison Officer untuk Bahasa Perancis.

“Dalam pelaksanaan tugas sebagai LO di dalam kontingen FPU 1 Minusca sudah pasti bukanlah hal yang mudah karena apapun yang menjadi pelopor / pembuka jalan itu sangatlah sulit dan menantang. Tapi saya jadikan semua itu sebagai motivasi dalam berkarya dan mengharumkan nama Bangsa Indonesia di kanca Dunia,mengharumkan nama Polisi Wanita Korps Brimob Polri,” ungkap Diana.

Dansat Brimob Polda Gorontalo Kombes Pol Yudo Nugroho Sugianto S.Ik mengaku bangga atas terpilihnya salah satu Personel Dari Satuan Brimob Polda Gorontalo hingga bisa membawa nama baik Daerah lebih khusus Indonesia.

Suatu prestasi membanggakan bagi personel yang terpilih karena tentu melalui seleksi yang begitu ketat. “Saya sebagai Komandan Satuan Brimob Polda Gorontalo memberikan apresiasi tinggi dan semoga sukses dalam tugas serta keluarga diharapkan selalu mendukung dan berdoa, karena keluarga adalah pemberi motivasi dan semangat,” ucap Dansat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here