Polres Madiun – Polsek Gemarang terus berupaya meyebarkan virus kedisiplinan kepada semua warga. Tak terkecuali kepada anak-anak di tingkatan TK ( Taman Kanak – Kanak ), Justru kepada anak-anak itu, penanaman disiplin dilakukan sejak dini.

Dalam hal ini Polsek Gemarang yang diawaki oleh fungsi Binmas mengundang siswa / siswi TK se-Kecamatan Gemarang dalam rangka memperingati hari KARTINI, untuk mengenal tugas – tugas Polisi dengan materi yang dikedepankan terutama pengenalan rambu – rambu lalu lintas serta tata tertib berlalu lintas.

“Cara ini sekadar untuk menumbuhkan pengertian kepada mereka sejak dini, bahwa Polisi bukan figur menakutkan, mereka bisa datang ke kantor polisi kapan saja, dan mengenal tugas-tugas Polisi secara luas,’’ kata Iptu Joko Mulyanto.

Walhasil ketika sejak dini anak-anak sudah dikenalkan rambu lalu lintas di jalan, harapannya ketika dibonceng orang tuanya, atau bepergian bersama keluarga, tiba-tiba ayahnya atau sopir melanggar aturan, dia bisa langsung menegur ” loh, Yah / Bu lampu merah kok terus “.

Tentang sosok polisi, misalnya dikenalkan sosok polisi sahabat anak, polisi tidak menakutkan sebagaimana biasa dikenalkan kepada anak-anak kecil zaman dulu.

“Zaman kita dulu, kalau nakal akan dipanggilkan polisi. Nah, hal seperti itu membuat citra polisi tidak baik di mata anak-anak. Itu yang kita balik dan dikenalkan kepada anak-anak bahwa polisi itu baik, bisa menjadi sahabat anak kecil sampai dewasa, dan lainnya. Tak perlu takut bertemu polisi,’’ kata Iptu Joko.

Yang jelas, semua bentuk penyadaran untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas, karena kebiasaan melanggar aturan, terus dikenalkan sejak dini. Dari kecil anak-anak sudah harus kenal aturan lalu lintas, sehingga sampai dewasa harapannya terpatri bahwa melanggar lalu lintas tidak baik.

Selama kegiatan berjalan Kondusif sebagaimana diharapkan oleh Waka Polsek Gemarang Iptu Joko Mulyanto. (gng)