Polri Mulai Olah TKP Insiden Keributan di Mako Brimob Depok

0
257

Beritapolisi.com – Depok, Karo Penmas Mabes Polri BRIGJEN Pol M. Iqbal mengatakan, saat ini kepolisian sedang melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) di blok-blok tahanan Markas Korps Brimob Kelapa Dua, Depok. Olah TKP dimulai usai operasi sterilisasi pada Kamis (10/5/2018) pagi berakhir.

Olah TKP yang dilakukan dalam rangka mendalami kronologi kejadian selama 38 jam konflik dan penyanderaan anggota polisi. “Saat ini rekan penyidik sedang melakukan olah TKP, yaitu di beberapa blok rutan cabang Salemba di Mako Brimob untuk menemukan alat bukti karena di tempat itu terjadi perbuatan melawan hukum,” ucap BRIGJEN Pol M. Iqbal saat di wawancarai di Kompleks Polisi Satwa Baharkam Polri Kelapa Dua, Depok, Kamis (10/5/2018).

Ada beberapa bahkan dalam jumlah banyak barang senjata api maupun beberapa belahan kaca yang diduga alat perbuatan kejahatan oleh napiter. Senjata senjata itu, menurut BRIGJEN Pol M. Iqbal perlu penanganan khusus.

“Ini (olah TKP) kalau dihitung perlu sampai malam. Perlu olah agar tidak ada sisa yang mengakibatkan terjadinya hal yang tidak diinginkan,” kata BRIGJEN Pol M. qbal.

“Ketika semua hasil autopsi dan olah TKP selesai, Polri akan menyampaikan lebih lanjut melalui keterangan resmi yang disampaikan Humas Polri. Dari operasi sterilisasi, sebanyak 155 tahanan yang melakukan penyanderaan dinyatakan menyerah. Satu napi tewas ditembak saat insiden terjadi pada Selasa”, Ucap BRIGJEN Pol M. Iqbal.

Operasi dinyatakan selesai Kamis pagi, ditandai dengan pengumuman yang disampaikan Menko Polhukam JENDERAL (purn) TNI Wiranto didampingi Panglima TNI JENDERAL TNI Hadi Tjahjanto, Kepala BNPT KOMJEN Pol Suhardi Alius, Kastaf Presiden JENDERAL (purn) TNI Moeldoko. Napi pun dipindahkan ke Lapas Nusakambangan.

Sebelumnya, dalam kerusuhan yang terjadi di Mako Brimob Kelapa Dua tersebut, napiter menguasai seluruh enam blok Mako. Enam orang, yakni lima polisi dan satu napiter tewas dalam kerusuhan yang bermula sejak Selasa malam tersebut. Satu sandera petugas kepolisian berhasil dibebaskan pada Rabu (9/5/2018) tengah malam.(Adhy/Arif)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here