Polresta Sidoarjo Lakukan Gladi Bersih Simulasi Pengamanan Pemilu 2019

0
75

Beritapolisi.com,-Tembakan gas air mata dan semprotan air dari kendaraan water canon, terpaksa dilakukan personil Dalmas Polresta Sidoarjo untuk membubarkan ratusan masa pendemo di Jalan Sultan Agung, Sidoarjo, Senin (11/3/2019).

Aksi yang berlangsung di depan Masjid Agung Sidoarjo tersebut, merupakan serangkaian simulasi pengamanan Pemilu 2019 yang kembali dilakukan Polresta Sidoarjo.

“Ya, pagi ini kami sedang melakukan gladi bersih simulasi pengamanan Pemilu 2019 bersama Satpol PP, Brimob, TNI, dan linmas,” ujar Wakapolresta Sidoarjo AKBP M. Anggi Naulifar Siregar di lokasi.

Sejak pukul 7 pagi, sekitar 700 personel dalam gladi bersih simulasi pengamanan pemilu itu sudah memadati arena di depan Masjid Agung Sidoarjo itu. Tiap personel langsung memperagakan sesuai tugas masing-masing.

Dalam simulasi itu, ada sebanyak lima tahapan simulasi yang diperagakan. Atraksi dimulai dengan peragaan pengaman dalam tahap pendistribusian surat suara. Dalam adegan itu, para personel diahadapkan situasi ada oknum masyarakat yang mencoba menyerang pendistribusian surat suara. Aksi kejar-kejaran antara personel kepolisian dan oknum yang menggunakan mobil pun disuguhkan.

Lalu, tahapan selanjutnya adalah pengamanan massa kampanye dan massa pemungutan suara. Simulasi ditutup dengan adegan pengamanan unjuk rasa yang berujung anarkis usai pemungutan suara.

Dalam adegan itu, diperankan betul bagaimana personel kepolisian dari unsur negosiator polwan hingga dalmas yang bekerja sesuai prosedurnya untuk membubarkan massa. Penyemprotan air dari unit water cannon hingga penembakan gas air mata juga diperagakan secara sungguhan.

Dalam kesempatan itu, Kabag Ops Polresta Sidoarjo Kompol Mujito mengungkapkan jika gladi bersih ini dilakukan dalam rangka memantapkan kesiapan polri dalam menjaga kamtibmas di masa pemilu. “Agar setiap personel tahu perannya masing-masing,” tukas Kompol Mujito.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here