Kepala BNN: Desa Memiliki Peran Penting Penyalahgunaan Narkoba

0
83

Beritapolisi.com – Bali, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) KOMJEN Pol Heru Winarko menyatakan desa memiliki peran strategis untuk memerangi penyalahgunaan narkoba.

Pernyataan tersebut ia sampaikan saat melakukan kunjungan kerja ke Desa Budeng, Kabupaten Jembrana, Bali, sekaligus menghadiri deklarasi desa anti narkoba yang dilakukan warga setempat, Jumat (23/3/2018) sore.

“Saya akan berkoordinasi dan bekerjasama dengan Kementerian Desa agar program anti narkoba masuk ke desa-desa, misalnya lewat gerakan PKK dan lain-lain,” kata KOMJEN Pol Heru Winarko

Selain pemberantasan, pihaknya juga melakukan tindak pencegahan salah satunya dengan pemberdayaan masyarakat seperti yang dilakukan Desa Budeng.

Saat desa seluruh Indonesia memiliki daya tahan dan daya tangkal yang kuat terhadap narkoba, pengaruhnya akan menyebar kemana-mana termasuk ke kota-kota yang biasanya menjadi basis peredaran narkoba.

“Karena itu kami akan berupaya, desa-desa lain akan mengikuti gerakan seperti di Desa Budeng ini. Darurat narkoba membutuhkan semua upaya yang bisa dilakukan untuk mencegahnya, apalagi desa masih merupakan basis masyarakat di Indonesia,” ucap KOMJEN POL Heru Winarko.

Namun kepada masyarakat Desa Budeng mengingatkan, deklarasi anti narkotika yang sudah dilakukan hendaknya benar-benar menjadi tindakan nyata seluruh lapisan masyarakat di desa tersebut.

Bandar narkoba, tidak akan tinggal diam saat ada komunitas atau desa yang menyatakan dan berkomitmen wilayahnya bersih dari penyalahgunaan narkoba, melainkan akan mencoba untuk memasukkan barang terlarang tersebut.(adhy/ant)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here