PADANG | 3 April 2017. Kapolri, Jenderal Polisi Drs. H. M. Tito Karnavian,M.A., Ph.D secara resmi menaikkan Polda Sumbar dari tipe B menjadi Polda Tipe A. Dalam sambutannya Kapolri menjelaskan bahwa “Peningkatan Polda Sumatera Barat dari tipe B menjadi tipe A, merupakan perjuangan masyarakat Sumatera Barat. Anak dari Polda Sumbar,yaitu Riau dan Kepri sudah terlebih dahulu menjadi tipe A,masak Orang tuanya masih tipe B,? Setiap saya bertemu Gubernur dan Ketua DPRD Sumbar,saya selalu ditagih,kapan berubahnya?
Peningkatan tipe ini,tidak terlepas bantuan dari Menpan RB DR.Asman Abnur, jika tidak ada bantuan beliau,belum bisa diwujudkan dalam waktu dekat. Peningkatan tipe harus didukung reformasi disegala bidang, reformasi dimulai dari internal bukan dari eksternal. Fungsi Polri sebagai pengayom,pelindung masyarakat dan menjaga Kamtibmas supaya selalu ditingkatkan” Ujar Kapolri.

Dan ditempat terpisah sewaktu ramah tamah dengan Ketua Senkom Padang(Muhammad Abdillah Almasykuri) beserta Pengurus Senkom Mitra Polri Padang, Sumatra Barat, Kapolri yang didampingi Kadiv Humas Mabes Polri Irjen. Pol. Drs. Boy Rafli Amar senantiasa berpesan “BANTU POLRI YA” dan langsung dijawab oleh Ketua Senkom Padang dan Ketua Senkom Sumbar “Siap Pak”. ( Rizal PM/Humas Polri/M.Abdillah)