Kapolda Papua: LMA Papua Dapat berperan Penting Membangun dan Perkembangan Kemajuan di Papua

0
190

Beritapolisi.com – Papua, Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Boy Rafli Amar mengharapkan Lemabaga Masyarakat Adat (LMA) Papua dapat berperan penting dalam membangun satu sistem kehidupan masyarakat dan perkembangan kemajuan di Papua.

“Di era globalisasi ini kami lihat pengaruh-pengaruh global ini menjadi sesuatu hal yang harus kita antisipasi, terutama penguatan dalam persatuan-persatuan di dalam menghadapi tuntutan demokrasi. Jadi dalam rangka menjalankan kehidupan yang demokrasi ini, tentu masyarakat adat harus membantu agar masyarakat kita tetap dalam semangat persatuan dan kesatuan walaupun berbeda pilihan politik, karena demokrasi memungkinkan terjadinya perbedaan pendapat. Karena setiap hak maupun suara masyarakat itu harus di hargai, dihormati dan kedaulatan adalah di tangan rakyat,” kata Kapolda di Papua, Rabu (1/8/2018)

Menurut Kapolda, masyarakat adat harus menjadi penjuru dalam menjaga persatuan di tengah-tengah masyarakat terutama di wilayah adat masing-masing.

“Kalau tidak ada peran dari tokoh adat, maka yang terjadi adalah benturan-benturan di antara kelompok masyarakat. Dan Ini yang paling rawan artinya kalau sudah terjadi konflik terbuka di antara masyarakat karena kehidupan demokrasi maka tentu yang rugi adalah masyarakat itu sendiri. Kita tidak ingin masyarakat adat berdiam diri, masyarakat adat harus menjadi penjuru untuk mewujudkan perdamaian di tengah-tengah masyarakat,” tegasnya.

Menurut Kapolda, LMA harus melihat peluang-peluang untuk memajukan masyarakat pada aspek kesehjahteraan dengan cara peningkatan peran masyarakat pada bidang usaha seperti pertanian karena lahannya yang dinilai subur, sehingga membuat masyarakat memiliki peluang yang besar dan menjadikan masyarakat agrobisnisnya maju seperti perkebunan jagung, cetak sawah, kopi, karet, kelapa sawit dan lain-lain.(hy/fn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here