Humas Polsek Jombang Polres Jember News : Permasalahan Pemilihan Kepala Dusun di Desa Jombang Kecamatan Jombang, Jemer, berawal dari masa jabatan Kasun Krajan III Desa Jombang sudah memasuki waktu pensiun sehingga mengharuskan adanya pengganti dalam menjalankan tugas sebagai Kasun. Ada 2 orang calon yang hendak mengisi kekosongan jabatan tersebut, yaitu dari independent dan pilihan warga.

Masalah terjadi dipicu karena calon kasun pilihan warga tidzk sesuai dengan kualifikasi persyaratan yang tercantum dalam Peraturan Bupati Jember. Menyikapi hal ini, Kanit Binmas Polsek Jombang Polres Jember Aiptu Sukirno hadir dalam penyelesaian masalah(problem solving) bersama Babhinkamtibmas, Kepala Desa dan para pendukung calon Kasun pilihan warga

Kanit Binmas pada kesempatan mediasi menjelaskan bahwa untuk menjadi seorang Kasun sesuai Pasal 12 ayat (2) Perbup No 25 tahun 2016 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Pemerintah Desa, bahwa sia min 20 Tahun dan Maximal 42 Tahun serta melalui proses tes tulis yang dilakukan Unsur Muspika dan instansi terkait bukan melalui pemilihan. Dengan demikian Calon Kepala Dusun minimal harus memenuhi persyaratan tersebut. Sedangkan merujuk peraturan tersebut, bakal calon Kasun pilihan dari warga tidak masuk kualifikasi yaitu usianya sudah melebihi 42 Tahun.

Hasil mediasi, akhirnya Warga yang awalnya hendak melakukan pergerakan massa kedesa (unjuk rasa) untuk protes permasalahan ini bisa digagalkan melalui penjelasan Kanit Binmas Aiptu Sukirno sehingga warga memahami duduk permasalahan dengan mengacu mekanisme peraturan yang ada . ( Humas Polsek Jombang )
Editor : Humas Polres Jember.