Inilah 5 Sosok Polwan Inspiratif dengan Segudang Prestasi

0
313

Quipperian, bukan tanpa alasan lho, Indonesia melahirkan Polwan (Polisi Wanita) di tahun 1948. Sejarah tersebut memiliki cerita yang cukup panjang dan dramatis. Tepatnya, tanggal 1 September 1948 pemerintah darurat Republik Indonesia di Kota Bukittinggi harus menangani arus pengungsian besar-besaran akibat agresi militer Belanda.

Sedikit menelisik jauh ke belakang sejarah bangsa, di era ’48 permasalahan agresi militer Belanda tersebut cukup merepotkan militer indonesia.

Sontak pengungsian besar-besaran itu berpotensi menimbulkan masalah jika ada penyusup atau kriminal di antara pengungsi yang masuk ke wilayah-wilayah yang dikuasai republik. Pemerintah Indonesia lalu meminta Sekolah Polisi Negara di Bukittinggi untuk membuka pendidikan inspektur polisi bagi kaum wanita.

Mariana Saanin Mufti, Nelly Pauna Situmorang, Rosmalina Pramono, Dahniar Sukotjo, Djasmainar Husein, dan Rosnalia Taher adalah enam gadis remaja yang terpilih setelah melalui proses seleksi ketat. Dan, semuanya berasal dari ranah Minang, lho!

Terpilihnya tanggal 1 September 1948 pun dikarenakan keenam gadis remaja tersebut yang secara resmi mulai mengikuti Pendidikan Inspektur Polisi di SPN Bukittinggi. Lalu, tanggal itulah yang belakangan dinyatakan sebagai hari lahirnya polisi wanita.

Memasuki era modern, banyak pula nama-nama Polwan yang belakangan mencuat ke permukaan karena selain parasnya yang cantik juga banyaknya prestasi yang sudah ditorehkan. Berikut adalah sosok beberapa polwan inspiratif yang berprestasi.

1. Brigadir Polisi Dua Sindhytyas Putri Vedhayana

tribunnews.com

Bukan cuma punya wajah cantik nih, Quipperian. Bripda Sindhy yang saat ini bertugas di Kepolisian Resor Semarang, Jawa Tengah ini memiliki segudang prestasi di dunia olahraga, khususnya bidang karate. Bripda Sindhy yang punya senyuman manis ini berhasil menyabet Medali emas Kumite Perorangan Senior Putri 61 kg di Kejuaraan Nasional Karate Terbuka Solo Cup VII yang berlangsung pada 14-17 April 2016 di Gor Manahan Solo. Wah, sosok polwan inspiratif banget ya, Quipperian!

2. Brigadir Polisi Dua Annisa CM

liputan6.com

Paras cantik membuat Bripda Annisa banyak diidolakan para cowok-cowok. Polwan muda ini menjadi salah satu polwan inspiratif berprestasi. Berasal dari Bandung, neng geulis yang satu ini sempat juga menjadi atlet SEA Games di tahun 2015 dengan cabang olahraga Taekwondo yang diselenggarakan di Singapura. Bukan cuma sukses meraih perunggu di SEA Games 2015 nih Quipperian, Bripda Annisa juga mendapatkan emas pada Kejurnas 2014 di Bandung.

3. Brigadir Polisi Dua Dwi Tiara Rusci

liputan6.com

Di urutan ketiga ada Bripda Dwi. Bukan hanya parasnya yang membuat masyarakat terpesona dengan sosoknya. Sosok Bripda Dwi dari Ditlantas Polda Sulawesi Tenggara itu pertama kali menjadi sorotan setelah keterlibatannya dalam kontes Hijab Hunt 2016. Tapi, bukan cuma itu, sejak kecil ia juga sudah menggeluti bidang kesenian seperti dunia tarik suara dan bidang olahraga bela diri.

4. Brigadir Polisi Dua Firdawati

liputan6.com

Bripda Firdawati merupakan perempuan berkelahiran Pangkep 13 Agustus 1995. Ia merupakan polwan angkatan 43 tahun 2015 yang bertugas di Satuan Reserse dan Kriminal Polsek Tobadak, Mamuju Tengah, Sulawesi Barat. Di usia mudanya ia juga telah berprestasi dalam Pemilihan Putri Indonesia 2015. Ia berhasil menang dalam kategori Putri Favorit Sulbar 2015.

Bukan cuma berprestasi di bidang intelektual lho, Quipperian. Bripda Firda juga piawai dalam menggunakan berbagai jenis senjata api. Terbukti, setelah bertanding dalam Porda Sulbar di Polman akhir tahun lalu, ia menjadi salah satu pemenang di kategori penembak terbaik.

5. Brigadir Dua Polisi Galih Windiani

liputan6.com

Gadis belia berusia 20 tahun yang bertugas di Polsek Purwokerto Selatan, Jawa Tengah ini ternyata memiliki segudang prestasi mulai dari tingkat nasional maupun internasional. Yup, Bripda Windiani telah meraih puluhan medali. Dari 20 pertandingan yang ia ikuti, ia berhasil meraih 15 medali emas, sisanya emas dan perunggu dalam olahraga cabang taekwondo.

Itulah segelintir para sosok polwan inspiratif yang rela mengorbankan nyawanya bagi nusa dan bangsa, serta mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia. Tentu saja, masih banyak nama-nama lain yang turut mengharumkan nama bangsa dengan segudang prestasi. Kamu mau jadi Polwan juga, Quipperian?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here