Sabtu, 15 Juli 2017

Jakarta – Memperingati HUT Bhayangkara ke-71, Polri menggelar lomba lari bertema ‘Bhayangkara Run’. Lomba lari tersebut berhadiah uang senilai total Rp 236 juta dan sejumlah doorprise menarik berupa apartemen hingga paket umrah.

“Untuk hadiah pemenang itu berupa uang senilai total Rp 236 juta. Kemudian, kita juga ada doorprise yang sangat wah untuk peserta, seperti 1 unit apartemen di Basura, 5 paket umrah, 10 unit motor dan lain-lain,” kata Ndang Mawardi selaku CEO Event Organizer (EO) Inspiro yang menjadi penyelenggara Bhayangkara Run, Jumat (14/7/2017).

Selain itu, bagi peserta lomba kategori 10K yang mencapai finish di bawah 1 jam mendapatkan kesempatan untuk mengikuti lomba lari marathon di Sydney, Australia. “Untuk peserta 10K di bawah 1 jam dapat kesempatan 2 slot Sydney Marathon plus tiketnya, kita undi,” ucap Ndang.

Ndang mengatakan, dana untuk hadiah dan doorprise tersebut tidak berasal dari DIPA Polri, melainkan dari sponsor. “Itu dari pihak sponsor. Sponsornya kita ada dari Bank BNI, Apartemen Basura, minuman energi Isotonik, perusahaan buah Sunpride,” sambungnya.

Bhayangkara Run diselenggarakan pada Minggu 16 Juli 2017 lusa. Ada tiga kategori lomba lari mulai dari 10K, 5K dan Pleton Serasi (khusus untuk anggota Polri-setingkat Polda dan fungsi atau kesatuan). “Untuk titik start dan finish di Silang Monas Barat,” ucapnya.

Adapun, rute untuk 10K start dari Monas-Jl Abdul Muis-Jl Hayam Wuruk-putar arah di bawah jembatan Glodok-Harmoni-finish di Monas. Sedangkan rute 5K mulai dari Monas-Harmoni-Jl Gadjah Mada-putar balik ke Harmoni-Monas.

“Nah kalau untuk kategori Pleton Serasi itu beregu, itu jaraknya 2,7 Km dengan rute Monas-Istana Merdeka-Monas. Satu pleton itu 31 orang dan totalnya ada 54 pleton,” lanjutnya.

Pendaftaran Bhayangkara Rum sudah ditutup tanggal 7 Juli lalu dengan total peserta mencapai 10 ribu orang dari anggota Polri, TNI dan masyarakat umum. Lomba lari ini juga diikuti oleh puluhan disable binaan Yayasan Kemala Bhayangkari.

“Ada 86 orang disable dari Yayasan Kemala Bhayangkari yang ikutan lari, ada kelas khusus untuk mereka, termasuk tunaetra juga. Kita berikan kesempatan kepada kaum disable agar bisa ikut dalam kegiatan ini,” sambungnya.

Bhayangkara Run ini telah disosialisasikan jauh-jauh hari melalui billboard hingga media sosial. Kombes Pol Krishna Murti menjadi ikon dalam iklan Bhayangkara Run tersebut.

Bahkan Kombes Pol Krishna mensosialisasikan Bhayangkara Run ini dengan berlari di luar negeri, seperti di Sudan dan Beijing, China. Sejumlah artis Ibu Kota seperti Inul Daratista, Marcel, grup band Nidji akan meramaikan kegiatan ini.

“Kenapa kita memilih Pak Krishna Murti, karena kan beliau followernya banyak. Kemudian beliau juga kan di Divisi Hubungan Internasional (Divhubinter Mabes Polri), dua minggu sekali bertugas ke luar negeri, sehingga sekalian mensosialisasikan di Bhayangkara Run ini di luar negeri,” tandasnya.

Foto Polda Metro Jaya Dot Info.