Begini Cara Hindari Berita Hoax

0
90

Menjelang pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2018, Mabes Polri meningkatkan pengawasan terhadap media sosial yang menyebarkan informasi tanpa fakta atau hoax.

Pasalnya, perkembangan dunia IT dan informasi selain membawa dampak positif, ternyata juga membawa dampak negatif terhadap tingkah laku masyarakat. Dan salah satu contoh negatifnya yang paling meresahkan belakangan ini yaitu mulai munculnya berita HOAX atau berita palsu.

Oleh karena itu, untuk mengantisipasi berita Hoax kita akan berbagi Tips menghindari berita Hoax :

1. Perhatikan sumber berita

Usai mendapatkan informasi baik dari media sosial, media online atau dari sumber manapun terutama internet, diharpkan dapat mencari terlebih dahulu dari mana asal sumber berita tersebut.

2. Jangan terlalu percaya pada foto dan video yang Kalian lihat

Meskipun tampak sangat meyakinkan, Jangan mudah percaya terhadap foto atau video yang anda lihat di media sosial ataupun di internet. Pasalnya, foto dan video tersebut dapat di manipulasi, di edit, atau dirubah demi untuk pembuatan berita hoax.

3. Baca keseluruhan isi berita

Di media online semakin banyak Judul dan deskripsi berita yang bersifat provokatif yang sering sekali sengaja dibuat oleh pembuat berita untuk menarik minat dan rasa penasaran dari pembaca. Jadi sebelum membuat asumsi terhadap suatu berita sebaiknya anda lihat dahulu isi beritanya, baca sampai selesai dan ambil sisi positifnya saja.

4. Cari dan bandingkan dengan situs lain

Jika anda merasa sebuah berita itu penting maka carilah di lebih dari satu sumber berita jangan hanya satu.

5. Bersikap netral terhadap sebuah berita

Jangan mudah terpengaruh dengan berita-berita yang berbau provokatif. Jadi sebaiknya bersikap netral saja terhadap sebuah informasi atau berita.

Berikut beberapa tips menghindari berita Hoax, jadilah netizen yang bijak jangan mudah terprovokasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here