Bareskrim Polri: Awas, Modus Email Hijacking Bisa Kuras Tabungan

0
97

Beritapolisi.com – Jakarta, Wadir Tipideksus Bareskrim Polri, KOMBES Pol Daniel Tahi Monang mengimbau masyarakat untuk berhati-hati dengan modus email hijacking atau pembajakan rekening melalui email.

Rekening dibajak dengan satu perintah palsu lewat email yang seolah-olah dikirim pihak yang mempunyai otoritas untuk memberikan perintah kepada bank, akan tetapi hal itu sebenarnya dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

“Terakhir kasus yang kami bongkar adalah email hijacking dari bank luar, tetangga, ditransfer ke kita, sekarang ini ada data sekitar hampir ratusan juta dolar,” ucap KOMBES Pol Daniel dalam diskusi “Upaya Pencegahan dan Pemberantasan Kejahatan Skimming Perbankan,” di Jakarta, Selasa (10/4/2018).

“Rekening orang luar ditransfer ke Indonesia tapi tidak menutup kemungkinan juga email dalam negeri di transfer ke luar… Para pelaku sedang kami kejar ada warga negara asing. Saya pikir kita lebih waspada lebih hati-hati,” kata KOMBES Pol Daniel.

Menurut KOMBES Pol Daniel, pelaku modus kejahatan ini cukup canggih. Pasalnya mereka mempelajari kebiasaan pemilik rekening atau yang disebut profiling. Pelaku mempelajari kebiasaan korban mulai dari cara mengucapkan salam hingga waktu saat korban biasa memberikan perintah untuk mentransfer uang.(Adhy/Ant)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here