Aplikasi Kuis Psikometri Cambridge Dilarang Pihak Facebook

0
6007

Facebook telah melarang aplikasi MyPersonality University of Cambridge Psychometric Centre untuk berbagi data. Facebook akan memberitahu empat juta orang yang telah mengambil tes data yang mereka bagikan yang mungkin telah disalahgunakan.

Aplikasi ini diaktivasi pada tahun 2012 dan ditangguhkan pada bulan Mei 2018 setelah audit Facebook terhadap aplikasi karena adanya skandal penyalahgunaan data oleh Cambridge Analytica. Pencipta aplikasi tersebut menyebut keputusan Facebook untuk akhirnya melarang aplikasi sekarang adalah keputusan yang aneh.

Sekitar 400 aplikasi ditangguhkan sebagai hasil audit Facebook yang melihat cara aplikasi dalam mengumpulkan dan berbagi informasi tentang pengguna Facebook. MyPersonality merupakan aplikasi yang kedua yang dilarang. Aplikasi pertama yang pertama adalah This Is Your Digital Life, tes statistik pengumpulan data yang kontroversial dari Cambridge Analytica.

Ime Archibong, kepala kemitraan produk Facebook mengatakan bahwa MyPersonality telah menolak permintaan Facebook untuk mengaudit cara kerjanya. Namun wakil direktur University of Cambridge Psychometric Centre, David Stillwell, yang ikut menciptakan aplikasi pada tahun 2007, mengatakan bahwa MyPersonality telah disertifikasi terkait kepatuhan dengan persyaratan Facebook.

University of Cambridge Psychometric Centre mengatakan data yang diambil oleh aplikasi telah digunakan oleh para peneliti di lebih dari 45 penelitian yang diterbitkan dalam jurnal. Stillwell mengatakan kepada TechCrunch bahwa Facebook sudah tahu bagaimana data telah digunakan sejak lama. Oleh karena itu aneh bahwa Facebook tiba-tiba sekarang mengaku dirinya tidak mengetahui penelitian MyPersonality dan percaya bahwa data mungkin telah disalahgunakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here